-->

RSUD Grati Raih Juara 3 INOPAMAS 2024


PASURUAN - RSUD Grati sekian hari terus berbenah dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, dalam 5 tahun telah menghasilkan berbagai macam inovasi-inovasi untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, salah satunya yaitu SISTER PERI. 


Inovasi SISTER PERI selanjutnya dikembangkan menjadi “SISTER PERI SI-PLUS” (Sistem Terpadu Pelayanan Geriatri Sinergi Dengan Paguyuban Lansia Untuk Sehat Dan Bersinergi Dengan Dinas Perikanan Dan Dinas Pertanian) per 1 Maret 2022 melalui pengembangan nilai keunikan inovasi pada Layanan High Access Paguyuban Lansia dengan dibuatkan kebun lansia bekerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian serta budidaya ikan bekerjasama dengan Dinas Perikanan.


Dalam INOVASI SISTER PERI – SIPLUS terdapat :

ONE STOP SERVICE-TANPA ANTRI 

Pelayanan khusus dimana lansia datang berobat tanpa antri dengan pasien yang lain, lansia cukup duduk di ruang poli geriatri. Dalam klinik tersebut pasien lansia akan dilayani antara lain :

  Layanan Dokter Spesialis

  Layanan Paramedis ( Perawat / Bidan)

  Layanan Laboratorium

  Layanan Farmasi dan konsultasi obat

  Layanan konsultasi Gizi

  Layanan Fisioterapi

  Layanan konsultasi whatsapp Group


HOME VISIT DOKTER SPESIALIS

Pelayanan dilakukan oleh Tim Sister peri yang meliputi, Dokter Spesialis, paramedic, Analis Laboratorium, Farmasi, Gizi, atau Fisioterapi dengan datang ke tempat tinggal pasien bagi lansia yang kondisinya tidak memungkinkan control ke rumah sakit.


ANJEM MOBIL SISTER PERI SI-PLUS

Bagi lansia yang tidak bisa datang ke rumah sakit karena tidak ada yang mengantar atau memerlukan bantuan kendaraan dapat menggunakan fasilitas mobil inovasi antar jemput SISTER PERI SI-PLUS


AVENGERS (Quick Response Emergency)

Layanan emergency oleh Tim Avengers Rumah sakit Grati bagi pasien lansia yang mengalami kondisi kegawatdaruratan di rumah dengan didatangi oleh Tim avengers ke rumah pasien dan mendapat penanganan langsung


HIGH ACCESS

1. Kunjungan dokter spesialis ke paguyuban lansia dan prolanis puskesmas

2. Paguyuban lansia

3. Talk show kesehatan rutin

4. Konsultasi online (wa group)


Bentuk sinergi RSUD Grati dengan Dinas Perikanan Dan Dinas Pertanian  untuk peningkatan produktivitas lansia paguyuban sister peri si-plus dalam bentuk :

1. Pertemuan dan pengajian lansia

2. Kebun lansia dan budidaya ikan dalam bentuk kerjasama berupa pelatihan-pelatihan berkebun dan budidaya ikan serta sumbangan bibit tanaman dan bibit ikan

3. Pembuatan ketrampilan (Kue, kerajinan, olahan makanan hasil panen kebun dan budidaya ikan untuk dijual)

4. Pelatihan-pelatihan berkebun dan budidaya ikan serta sumbangan bibit tanaman dan bibit ikan

5. Para lansia setiap minggu datang untuk merawat kebun lansia dan budidaya ikan dengan dibuatkan jadwal piket rutin

6. Dari kebun lansia dan budidaya ikan secara berkala dipanen dan diolah menjadi menu-menu seperti lalapan lele, botok sayuran dan botok ikan serta menu lainnya, lalu dijual di cafetaria RSUD Grati agar menambah pemasukan bagi para lansia dan meningkatkan produktifitas lansia menjadi semakin sejahtera, mandiri, berdaya dan tangguh.


Direktur RSUD Grati drg Dyah Retno Lestari,M.Kes Berharap inovasi SISTER PERI SI-PLUS dapat bermanfaat untuk masyarakat dan dalam rangka menuju lansia SEHAT, KUAT, TANGGUH dan PRODUKTIF


RSUD Grati mendapatkan lagi penghargaan INOPAMAS tahun 2024 melalui Sister Peri Si Plus mendapatkan Juara 3 Katagori Tata Kelola Pemerintahan  dan Pelayanan Terbaik, setelah tahun 2023 melalui Si Pena Pasti mendapatkan Juara 1 Katagori Tata Kelola Pemerintahan  dan Pelayanan Terbaik. 


Penghargaan ini diterima oleh Ibu Direktur drg. Dyah Retno Lestari, M. Kes., pada Malam Penganugerahan INOPAMAS 2024 di Pendopo Kabupaten Pasuruan, pada tanggal 25 Juni 2024, bersama dengan jajaran struktural dan perwakilan Lansia Paguyuban Sister Peri Si-Plus.


Semoga dengan pencapaian penghargaan ini, semangat seluruh civitas hospitalia semakin meningkat dalam memberikan pelayanan sepenuh hati dan profesional kepada masyarakat. (Endang)

0 Komentar

Lebih baru Lebih lama