-->

KPU Kota Pasuruan menggelar sosialisasi petunjuk teknis penyusunan daftar pemilih dalam pilkada

 


PASURUAN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pasuruan menggelar sosialisasi petunjuk teknis penyusunan daftar pemilih dalam pemilihan gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur serta walikota dan wakil walikota Pasuruan tahun 2024,di Rumah Makan Kurnia Gading Rejo pada Jum'at (12/7/24) siang.


Acara tersebut dihadir pimpinan Partai Politik, Ormas, tokoh agama, tokoh masyarakat dan tamu undangan lainnya.


Ketua KPU Kota Pasuruan Nanang Abidin menyampaikan bahwa sudah mulai bersosialisasi mengenai tahapan pemilu.


"Kita berupaya dengan Semaksimal mungkin untuk mendata masyarakat yang sudah cukup umur atau kendala lainnya agar bisa menyalurkan hak suaranya. Serta data pemilih akan disesuaikan dengan DPT.


"Saat ini kami hanya bertugas di tahapan pemutakhiran data pemilih sehingga kami bersinergi terhadap, Pemkot stakeholder terkait, tokoh masyarakat tokoh agama ormas dan partai politik dan nantinya kami akan mengundang perwakilan-perwakilan LSM yang ada di Kota Pasuruan agar bisa mensukseskan pemutakhiran data pemilih ini,"ungkap nanang


Lebih lanjut dirinya berharap agar setiap warga Kota Pasuruan benar-benar terdaftar di Daftar Pemilih Tetap (DPT).


"Karena kami sudah memberikan tugas kepada pantarlih untuk mencocokkan dari rumah ke rumah. Dan setiap warga Kota Pasuruan hari ini harus benar-benar terdaftar di daftar pemilih tetap," harapnya.


Disinggung soal berapa persen proses pemutakhiran data pemilih, Nanang menyampaikan sudah mencapai 80 persen.


"Di minggu kemarin sudah 80 persen, kita targetkan minggu depan 90-100 persen sampai tanggal 25 Juli 2024," sampainya.


Sementara itu, Visensia Niken Devi Intan Sari selaku Divisi Parmas dan SDM menjelaskan bahwa DPT sudah tentu ada perubahan. 


"Bahwa per 27 November, anak-anak yang usianya 17 tahun pasti sudah masuk daftar pemilih tambahan. Dan yang meninggal itu pengurangan, jadi ada penambahan dan pengurangan," tuturnya.


Dan untuk pemilu pemula, KPU Kota Pasuruan juga akan segera melaksanakan sosialisasi.


"Kita sudah bersurat kepada Dinas Pendidikan Provinsi Jatim wilayah Kota Pasuruan karena yang membawahi SMA SMK untuk mendapatkan datanya kemudian nanti kami jadwalkan untuk berkunjung ke sekolah," jelasnya.


Diketahui, di bulan Juni KPU Kota Pasuruan telah melantik Pantarlih 554 orang dan sudah melaksanakan tugas. ***

0 Komentar

Lebih baru Lebih lama