Pasuruan, TRIBUNUS.CO.ID. Hari Rabu (01/08) Pukul 10.00 WIB Babinsa desa kedungringin koramil 0819/11 Beji menghadiri pertemuan antara warga Dusun Bahrowo Desa Kedungringin dengan dengan Manajement PT. Sorini Jl. Raya Cangkringmalang Kecamatan Beji terkait permasalahan Keluhan limbah akibat pembuangan limbah cair PT. Sorini.
Pertemuan tersebut dihadiri oleh Pihak manajement antara lain Agung jenderal manager Produksi ,Sdr Nanang HRD, Brilian dan Anang ,Sedangkan dari pihak warga Desa Kedungringin antar lain Kades Viki Ariyanto ,Kasun Dusun Bahrowo, Ketua karang taruna dan Masyarakat sejumlah 15 orang.
Dalam pertemuan tersebut warga menuntut agar diberikan fasilitas air bersih berupa sumur bor ,sehingga warga bisa menikmati air bersih karena akibat pembuangan limbah cair yg mengalir ke sungai warga ( mengakibatkan aktifitas warga terganggu ) air menjadi tercemar.
Warga juga meminta CSR / kompensasi sebesar 5 juta tiap bulan akibat limbah cair berupa ampas sekam sisa pembakaran/produksi yg mencemari sungai Bahrowo. Warga juga merasa terganggu akibat Suara bising mesin produksi.Selain itu warga meminta agar perusahaan tersebut lebih memprioritaskan Tenaga kerja dari Dsn. Bahrowo.
Secara tertulis warga membuat surat permintaan resmi yg di tandatangani para tokoh masyarakat dan menuntut dalam waktu 5 hari .
Adapun jawaban dari pihak perusahaan dari tuntutan warga Bahwa perusahaan sudah mengambil langkah memperbaiki saluran pengolahan limbah.dan tentang Permintaan air bersih perusahaan akan membuat sumur bor secepatnya. Untuk masalah kompensasi perusahaan akan mengganti berupa kolam untuk memelihara ikan lele sehingga bisa dikelola warga.
Dalam kegiatan tersebut Babinsa desa kedungringin menghimbau pada warga dan pihak dari PT. Sorini untuk menjaga hubungan emosional, diharapkan permasalahan ini tidak menimbulkan konflik baru, diharapkan penyelesaian perkara ini dapat menghilangkan akar permasalahan yang menjadi sumber konflik antara warga dan PT. Sorini. (M. Fery)
Admin 081357848782 (0)